Thursday, May 15, 2014

INFORMASI SEPUTAR GNERATE PREFIL

Solusi Jika Kembali Ke Data Awal Setelah Generate Prefill
Apa itu generate prefill ???
Apakah Kegunaan generate prefill ???
Bagaimana penggunaannya ???
beberapa pertanyaan yang sering muncul dalam benak para Operator sekolah, kita harus paham dulu apa itu generate prefill, apakah kegunaan dan cara penggunaannya. Pada kesempatan kali ini mari bersama-sama kita menyimak tentang penjelasan seputar generate prefill.

Menurut Bp. Yusuf Rokhmat, generate prefill adalah pembaharuan data prefil yang di update sesuai dengan kondisi data terakhir kali sync di dalam server dapdodikdas, hal ini untuk memfasilitasi sekolah yg bermaslaah dengan komputernya , apakah karena rusak, hilang, kena virus, dll yang menyebabkan hilangnya data di aplikasi dapodik. Dengan prefill baru tersebut sekolah dapat meregistrasikan kembali sesuai dengan prosedur instalasi awal, dan mendapatkan data yg sesuai dengan hasi sync yg terakhir, sehingga sekolah tidak perlu input dari awal lagi.
Akan tetapi sering muncul masalah ketika menggunakan prefill baru hasil generate ternyata datanya masih seperti data awal. Tentu saja hal ini bisa merepotkan OPS, karena harus memperbaiki data dari awal lagi. Untuk mengatasi hal tersebut Bp. Yusuf Rokhmat memberikan solusi sebagai berikut :
Generate prefill ulang , pastikan generate nya berhasil sesuai dengan kode registrasi yang digunakan
unduh prefill tersebut, kemudian ditaruh ke c:/prefill_dapodik , hapus semua file didalamnya pastikan hanya prefill skolah tersebut yang ada
Registrasikan sesuai prosedur awal , gunakan username dan password yang berbeda,
Periksa di web infopendataan , samakan , dan pastikan itulah kondisi data yang sesuai di server yang berhasil di tarik ke file prefill lokal.
Coba ditest registrasikan ke komputer lain untuk memastikan konsistensi datanya
Untuk mendownload prefill perhatikan langkah-langkahnya pada gambar berikut ini :
Masuk ke web info pendataan kemudian klik Download Data Prefill,Masukkan kode registrasi sekolah (KOREG).Simpan file frefill yang sudah didownload untuk dipergunakan sesuai kebutuhan.
Dengan menyimak penjelasan seputar generate prefill, semoga para Operator sekolah lebih paham mengenai fungsi dan kegunaan generate prefill. 

Untuk download Generate prefill Silahkan disini :    http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/prefill
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
  • STANDAR PROSES UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH

    PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 41 TAHUN 2007 TENTANG STANDAR PROSES UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH Badan Standar Nasional Pendidikan Tahun 2007

  • ALPEKA BOS

    ALPEKA BOS (Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan BOS Tingkat Sekolah)

  • JUKNIS PENDATAAN DAPODIKDAS 2013

    Tujuan pendataan tingkat sekolah adalah untuk memperoleh data secara langsung yang cepat, akurat,valid, lengkap, dapat dipertanggungjawabkan dan termutakhir.

  • Gelar Gr bagi Guru wajib Tahun depan

    Gelar Gr diperoleh melalui module Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang dijalankan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

  • lapor Tunjangan DIKDAS

    cara login di lembar info PTK Masukan NUPTK sebagai UserID Masukan tanggal lahir sebagai password dengan format penulisan YYYYMMDD

  • Dapodik Jadi Acuan untuk Sejumlah Program Kemdikbud

    Tahun ini Data Pokok Pendidikan (Dapodik) menjadi acuan bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dalam penyaluran dana untuk berbagai kebijakan, mulai dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS), rehab sekolah, Bantuan Siswa Miskin (BSM), dan tunjangan profesi guru.