Monday, May 26, 2014

Mata Pelajaran Bahasa Inggris Wajib di SMP dan SMA/SMK

Berikut penjelasan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengenai Pelajaran Bahasa Inggris di SD

Jakarta --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh kembali menegaskan status mata pelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar (SD). Ia mengatakan, mata pelajaran Bahasa Inggris bukan dihapus, melainkan memang tidak termasuk dalam mata pelajaran wajib di SD.
"Dihapus itu kalah tadinya ada, lalu dihilangkan," katanya usai jumpa pers akhir tahun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) di Gedung A Kemdikbud, Jakarta, (30/12).
Menteri Nuh menjelaskan, dalam kurikulum sebelumnya pun, yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Bahasa Inggris tidak menjadi mata pelajaran wajib di SD. Namun Bahasa Inggris menjadi mata pelajaran wajib di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
Namun, lanjut Mendikbud, hal itu bukan berarti mata pelajaran Bahasa Inggris tidak boleh ditambahkan di SD. Ia justru menganjurkan adanya penambahan mata pelajaran bahasa, misalnya bahasa Arab, bahasa Mandarin, atau bahasa Jepang, sesuai dengan karakteristik sekolah masing-masing.
"Silakan, tapi jangan diwajibkan. Tapi sebagai tambahan untuk anak SD," pungkasnya. (DM)

Sumber : http//Kemendigbud.go.id
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
  • STANDAR PROSES UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH

    PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 41 TAHUN 2007 TENTANG STANDAR PROSES UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH Badan Standar Nasional Pendidikan Tahun 2007

  • ALPEKA BOS

    ALPEKA BOS (Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan BOS Tingkat Sekolah)

  • JUKNIS PENDATAAN DAPODIKDAS 2013

    Tujuan pendataan tingkat sekolah adalah untuk memperoleh data secara langsung yang cepat, akurat,valid, lengkap, dapat dipertanggungjawabkan dan termutakhir.

  • Gelar Gr bagi Guru wajib Tahun depan

    Gelar Gr diperoleh melalui module Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang dijalankan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

  • lapor Tunjangan DIKDAS

    cara login di lembar info PTK Masukan NUPTK sebagai UserID Masukan tanggal lahir sebagai password dengan format penulisan YYYYMMDD

  • Dapodik Jadi Acuan untuk Sejumlah Program Kemdikbud

    Tahun ini Data Pokok Pendidikan (Dapodik) menjadi acuan bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dalam penyaluran dana untuk berbagai kebijakan, mulai dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS), rehab sekolah, Bantuan Siswa Miskin (BSM), dan tunjangan profesi guru.