Wednesday, May 28, 2014

Implementasi Kurikulum 2013 Ibarat Lari Estafet


Jakarta, Kemdikbud --- Jika diibaratkan dengan lari, implementasi Kurikulum 2013 seperti lari estafet, bukan lari sambil membetulkan tali sepatu. Demikian dikatakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh. "Ini sejalan dengan pendekatan yang kita pilih, bertahap dan terbatas," ujar Mendikbud di ruang kerjanya, (28/1/2014).
Dalam pendekatan ini, implementasi Kurikulum 2013 dimulai pada tahun pelajaran 2013/2014 untuk kelas 1 dan kelas 4 SD, kelas 7, dan kelas 10. Pada tahun 2014, implementasinya diperluas kepada kelas 2 dan 4, kelas 8 dan kelas 11.
Akhirnya pada tahun 2015, implementasi Kurikulum 2013 akan mencakup seluruh kelas dari kelas 1 sd kelas 6 SD, kelas 7 sd 9 SMP dan kelas 10 sampai 12 SMA. Pendekatan ini membuat implementasi Kurikulum 2013 terukur, terkendali, dan rasional.
"Justru dengan cara estafet, membuka ruang bagi semua pihak untuk menyempurnakan implementasi Kurikulum 2013 baik dalam penyiapan buku, pelatihan guru, maupun sarana pendukung lainnya," ujar Mendikbud.
Ia menambahkan, cara estafet ini juga menjamin implementasi Kurikulum 2013 dilaksanakan secara tuntas untuk seluruh kelas. "Kalau uji coba, percontohan, atau pilot project bisa putus di tengah jalan, sedangkan dengan sistem estafet ini dijamin penerapannya berkelanjutan," pungkasnya. (Ibnu Hamad)

Sumber : Kemendikbud
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
  • STANDAR PROSES UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH

    PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 41 TAHUN 2007 TENTANG STANDAR PROSES UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH Badan Standar Nasional Pendidikan Tahun 2007

  • ALPEKA BOS

    ALPEKA BOS (Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan BOS Tingkat Sekolah)

  • JUKNIS PENDATAAN DAPODIKDAS 2013

    Tujuan pendataan tingkat sekolah adalah untuk memperoleh data secara langsung yang cepat, akurat,valid, lengkap, dapat dipertanggungjawabkan dan termutakhir.

  • Gelar Gr bagi Guru wajib Tahun depan

    Gelar Gr diperoleh melalui module Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang dijalankan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

  • lapor Tunjangan DIKDAS

    cara login di lembar info PTK Masukan NUPTK sebagai UserID Masukan tanggal lahir sebagai password dengan format penulisan YYYYMMDD

  • Dapodik Jadi Acuan untuk Sejumlah Program Kemdikbud

    Tahun ini Data Pokok Pendidikan (Dapodik) menjadi acuan bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dalam penyaluran dana untuk berbagai kebijakan, mulai dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS), rehab sekolah, Bantuan Siswa Miskin (BSM), dan tunjangan profesi guru.