Thursday, May 22, 2014

Mengenal Sudut dengan Memperagakannya

0 komentar

Kelas 3 » Matematika 3 »
Alat dan Bahan » Sumber Daya Lokal »

Metode :: Percobaan & Simulasi , Permainan

Abstraksi

Berawal dari uniknya karakter murid-murid saya yang sangat aktif-kinestetik pada saat guru mengajar di kelas, saya mencoba untuk mengenalkan mereka tentang konsep sudut dengan cara siswa memperagakan bentuk sudut tersebut menggunakan tubuh mereka. Pembelajaran kreatif ini dicobakan untuk materi ‘Sudut’ Matematika Kelas 3. Aktivitas belajar ini bertujuan untuk mengenalkan siswa mengenai jenis-jenis sudut.

Latar Belakang

Kondisi Kelas

Kelas 3 SDN Inpres Solan, jumlah siswa: 41 siswa. Dengan jumlah yang melebihi kapasitas pembelajaran efektif, saya seringkali kewalahan pada saat penyampaian materi.

Karakter Siswa

Siswa kami adalah anak-anak yang aktif secara kinestetis. Duduk tenang merupakan hal sulit bagi mereka. Walaupun demikian tetap ada siswa yang serius dan tekun mendengarkan guru. Di sisi lain ada siswa yang sibuk mengobrol, berjalan-jalan di kelas, atau sibuk dengan permainannya sendiri.

Pemilihan Metode

Oleh karena itu, saya mencoba untuk mencari cara untuk mendapatkan perhatian anak-anak ini. Pada kesempatan kali ini saya mencoba melibatkan siswa dengan cara menjadikan tubuh mereka sebagai alat peraga. Cara ini saya anggap cocok untuk tipe siswa saya yang aktif secara kinestetik.

Materi Ajar

Sudut

Alat dan Bahan

1. Kertas bekas
2. Spidol
3. Busur derajat
Metode ini saya pakai di kelas 3 dengan jumlah murid sekitar 40an, terbukti cukup efektif untuk membangkitkan antusiasme mereka untuk belajar :D . Melalui metode ini siswa dapat belajar mengenal berbagai macam sudut.

Langkah-langkah Pembelajaran

Apersepsi

Pada awal kegiatan belajar, saya biasanya mencoba membangkitkan minat belajar para siswa terlebih dahulu. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengajak siswa bernyanyi atau memberikan cerita singkat sebagai apersepsi.
Kemudian, guru dapat menjelaskan terlebih dahulu secara sederhana, misalnya dengan menggunakan gambar di papan tulis mengenai macam-macam sudut. Setelah selesai memberikan penjelasan secara singkat, padat dan jelas, guru mengajak siswa untuk melakukan sebuah permainan bersama.

Langkah Pertama

Guru memberikan kesempatan pada siswa yang dapat duduk dengan tenang untuk maju ke depan. Metode pemilihan siswa bisa disesuaikan dengan kondisi kelas, misalnya dengan mengajukan tanya jawab soal. Dalam permainan ini, guru membutuhkan enam orang siswa untuk memperagakan bentuk sudut.
Catatan: Ada tiga sudut yang akan diperkenalkan kepada siswa yaitu: sudut tumpul, sudut siku-siku, dan sudut lancip.
Mengenal Sudut dengan Memperagakannya
Mengenal Sudut dengan Memperagakannya

Langkah Kedua

Guru mempersilakan dua orang siswa terpilih untuk membentuk sudut siku-siku. Guru memberikan panduan kepada siswa untuk berbaring di lantai, kaki bertemu dengan kaki, mengikuti garis lantai sebagai acuan garis lurus. (lihat gambar)

Langkah Ketiga

Guru memperkenalkan sudut siku-siku kepada siswa beserta keterangan yang berkaitan dengan sudut tersebut (nama sudut, besar sudut, kaki sudut, dan titik sudut).
Guru: “Mari kita berkenalan dengan teman kita yang pertama, namanya sudut siku-siku. Sudut apa namanya?”
Siswa: “Sudut siku-siku.”
Guru: “Sudut siku-siku membentuk sudut yang besarnya 90o. Besar sudutnya berapa?”
Siswa: “Sembilan puluh derajat.”
Guru bisa melakukan pengulangan saat memperkenalkan nama-nama sudut dan besarnya. Sesekali, kita bisa tanyakan kepada salah satu siswa untuk mendapatkan perhatian dari siswa tersebut.

Langkah Keempat

Sebagai panduan untuk siswa, guru memberikan keterangan mengenai nama sudut, besar sudut, kaki sudut, dan titik sudut yang sudah guru persiapkan sebelumnya. Keterangannya cukup sederhana saja dengan menggunakan kertas bekas yang sudah ditulisi informasi. Letakkan kertas-kertas keterangan tersebut di tempatnya.

Langkah Kelima

Lakukan hal yang serupa untuk peragaan sudut lancip serta sudut tumpul. Siswa yang turut membantu dalam peragaan diberitahu agar tetap pada posisinya.

Langkah Keenam

Setelah ketiga sudut terbentuk, guru meminta para siswa yang duduk untuk menunjuk sudut mana yang paling besar dan paling kecil. Guru juga meminta siswa untuk membandingkan antara dua sudut, sudut mana yang lebih besar dan lebih kecil. Tahap ini juga merupakan kesempatan bagi kita untuk mengingatkan anak didik tentang penggunaan tanda matematika ‘lebih dari’ dan ‘kurang dari’.
Tips untuk Mengingat:
> (lebih besar karena apabila ditarik garis vertikal di depannya akan menyerupai bentuk huruf ‘b’, ‘b’ berartil ebih besar)
< (lebih kecil karena apabila ditarik garis vertikal di depannya akan menyerupai bentuk huruf ‘k’, ‘k’ berarti lebih kecil)
Setelah selesai satu sesi, guru memberi kesempatan siswa secara bergiliran untuk mencoba.
Adit, ketua kelas 3 berkenalan dengan busur derajat.
Adit, ketua kelas 3 berkenalan dengan busur derajat.

Langkah Ketujuh

Kegiatan ini juga dapat dibuat sebagai permainan. Kumpulkan kertas-kertas keterangan, berilah kesempatan beberapa siswa untuk meletakkan kertas keterangan tersebut di sudut yang tepat. Ingatkan siswa untuk berhati-hati sehingga tidak menginjak kaki/bagian tubuh lain dari temannya yang sedang berbaring di lantai.

Langkah Delapan

Pada akhir peragaan, guru pun dapat memperkenalkan busur derajat (apa itu busur derajat dan fungsinya) kepada anak-anak.



Revisions: (Show)

Sumber : http://belajar.indonesiamengajar.org
 
Read more

“Petik” Sendiri Soalmu! – Serunya Ujian Matematika

0 komentar

Pendidikan Karakter »
Kelas 5 » Matematika 5 »
Alat dan Bahan » Sumber Daya Lokal »

Metode :: Permainan

Abstraksi

Siapa bilang ujian harus duduk diam, menulis, dan berkeringat dingin di atas kursi karena kesulitan mengerjakan soal? Ujianpun bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan, bahkan berlarian di dalam kelas.

Latar Belakang

Murid-murid di SDN 25 Bantan Air Kabupaten Bengkalis hampir selalu bisa mengerjakan latihan soal yang saya berikan sehari-hari, hasilnyapun bagus. Tetapi setiap  saya mengumumkan akan mengadakan ulangan atau ujian, seolah siswa-siswa tersebut mengalami mental block (karena panik dan grogi) yang menyebabkan mereka tidak mampu mengerjakan soal.
Dipilih...dipilih..., soalnya dipilih...!
Dipilih…dipilih…, soalnya dipilih…!

Kondisi Kelas

Kegiatan dilakukan di kelas berukuran 5 x 6 m dengan jumlah peserta didik 12 orang, terdiri atas 5 siswa dan 7 siswi.

Latar Belakang Penyampaian Materi

Soal penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pecahan memiliki cara penyelesaian berbeda-beda. Kadang siswa merasa bingung, sehingga tertukar cara penyelesaian suatu operasi hitung pecahan dengan operasi hitung lainnya. Siswa juga terkadang merasa kurang percaya diri, apakah jawabannya sudah benar atau belum.

 Teori/Penjelasan Materi

Operasi penjumlahan dan pengurangan pada pecahan biasa yang memiliki penyebut yang sama, dapat langsung dilakukan dengan menjumlahkan pembilangnya. Sedangkan operasi penjumlahan dan pengurangan pada pecahan biasa yang memiliki penyebut berbeda, proses penghitungannya harus diawali dengan menyamakan penyebut terlebih dahulu dengan cara mencari KPK-nya.
Perkalian pecahan bisa langsung diselesaikan dengan cara mengalikan antar-pembilang dan antar-penyebut. Sedangkan pembagian pecahan merupakan perkalian pecahan dengan invers-nya.

Langkah-langkah

  1. Guru menyiapkan kartu soal dengan warna yang berbeda untuk tiap jenis kartu, misalnya warna merah untuk perkalian pecahan, kuning untuk penjumlahan, hijau untuk pengurangan, dan sebagainya.
  2. Guru menempelkan kartu-kartu soal di dinding yang berbeda untuk tiap kategorinya dalam posisi dibalik. Jika kegiatan akan dilaksanakan di luar kelas, kartu bisa ditempelkan di pohon yang berbeda.
  3. Guru menempelkan kartu jawaban pada sisi dinding yang lain.
  4. Guru meminta siswa memilih soal di tiap dinding, minimal 2 soal untuk setiap kategori.
  5. Siswa diberikan waktu untuk mengerjakan tiap soal.
  6. Siswa yang sudah selesai mengerjakan soal diperbolehkan memilih jawaban dari kartu jawaban.
  7. Guru mengoreksi apakah jawaban yang mereka dapatkan sudah benar.
  8. Siswa diperbolehkan mengambil soal bonus jika masih ada sisa waktu.

Lesson Learned

Selain melatih murid-murid menyelesaikan soal-soal matematika dengan cara yang lebih seru, guru dapat menanamkan hal-hal berikut:
"Petik" Sendiri Soalmu!
“Petik” Sendiri Soalmu!
  1. Belajar antre
    Seringkali karena terlalu bersemangat memilih soal, siswa-siswa berebut dan meyebabkan kondisi menjadi kacau. Guru bisa mengingatkan siswa untuk belajar antre.
  2. Menyelesaikan konflik, belajar mengalah
    Ada kemungkinan siswa menginginkan kartu soal yang sama, ini adalah kesempatan bagi siswa untuk belajar menyelesaikan konflik dengan cara bernegosiasi dengan temannya.
  3. Bertanggung jawab terhadap pilihan
    Siswa terkadang mendapat soal yang tidak sesuai harapannya. Hal ini adalah kesempatan  siswa untuk belajar bertanggung jawab terhadap pilihan yang telah mereka ambil.

Revisions: (Show)

Sumber : http://belajar.indonesiamengajar.org
Read more

Ulangan Matematika Keren dengan Pixel Math

0 komentar

Ulangan Matematika Keren dengan Pixel Math


Metode :: TTS , Permainan , Gambar


1

Abstraksi

Sebenarnya hanya ingin membuat ulangan matematika terasa menyenangkan dan terlihat keren. Alternatif lembar jawaban menggunakan metode Pixel Math, di mana siswa dapat membuat gambar tertentu dengan hasil jawaban soal, akan membantu mengurangi beban siswa saat ulangan matematika. Selain itu, guru jadi lebih mudah mengoreksi hasil ulangan dan perpaduan kerja menggunakan gambar dan hitungan akan membantu menyeimbangkan kerja otak kiri dan kanan.

Tujuan dan Sasaran

Tujuan:
  1. Mengenalkan alternatif model lembar jawaban
  2. Membuat ulangan matematika yang keren
  3. Murid tidak merasa terbebani dengan ulangan
  4. Memudahkan guru dalam mengoreksi hasil ulangan
Sasaran:
Murid kelas 4-5, Bab Perhitungan campuran
Alokasi waktu 2 jam

Metode

Alat dan Bahan

  • Pulpen
  • Buku kotak
  • Spidol atau alat pewarna lain

Alur Kerja

Persiapan
  • Guru membuat kotak-kotak kecil (grid) dengan ukuran bebas (min 10×10)
  • Tulislah angka ke dalam setiap kotak, dapat berurutan atau acak
  • Guru membuat sket gambar di dalam kotak-kotak kecil (konsep piksel)
  • Setelah gambar jadi, tulis semua angka yang membentuk gambar
  • Buat bermacam variasi soal dengan angka-angka tersebut
Pelaksanaan:
  • Siapkan  dan bagikan lembar kerja kepada murid
  • Berikan soal kepada murid-murid sesuai sket gambar yang diinginkan
  • Berikan spidol atau pewarna kepada masing masing murid
  • Cara menjawab soal adalah dengan memberi warna kotak sesuai hasil jawaban
2

Pelajaran yang Dapat Diambil

  1. Menjadikan ulangan terasa menyenangkan
  2. Memudahkan proses koreksi hasil ulangan, bila gambar yang dihasilkan murid sama berarti nilainya sempurna.
  3. Menyeimbangkan kerja otak kiri dan kanan

Selamat mencoba!


Sumber : http://belajar.indonesiamengajar.org
Read more
 
  • STANDAR PROSES UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH

    PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 41 TAHUN 2007 TENTANG STANDAR PROSES UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH Badan Standar Nasional Pendidikan Tahun 2007

  • ALPEKA BOS

    ALPEKA BOS (Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan BOS Tingkat Sekolah)

  • JUKNIS PENDATAAN DAPODIKDAS 2013

    Tujuan pendataan tingkat sekolah adalah untuk memperoleh data secara langsung yang cepat, akurat,valid, lengkap, dapat dipertanggungjawabkan dan termutakhir.

  • Gelar Gr bagi Guru wajib Tahun depan

    Gelar Gr diperoleh melalui module Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang dijalankan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

  • lapor Tunjangan DIKDAS

    cara login di lembar info PTK Masukan NUPTK sebagai UserID Masukan tanggal lahir sebagai password dengan format penulisan YYYYMMDD

  • Dapodik Jadi Acuan untuk Sejumlah Program Kemdikbud

    Tahun ini Data Pokok Pendidikan (Dapodik) menjadi acuan bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dalam penyaluran dana untuk berbagai kebijakan, mulai dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS), rehab sekolah, Bantuan Siswa Miskin (BSM), dan tunjangan profesi guru.