Home » Archives for 05/20/14
Tuesday, May 20, 2014
Menyisipkan Nilai-nilai Kebaikan Melalui Cerita
Diposkan oleh
Unknown
0
komentar
Revisions: (Show)
Sumber : http://belajar.indonesiamengajar.org
Menanamkan Nilai Positif lewat ‘Kelas Meditasi’
Diposkan oleh
Unknown
0
komentar
Contents [Hide]
Abstraksi
Pendidik yang baik dapat menciptakan proses pembelajaran yang kreatif agar peserta didik merasa nyaman dan senang untuk belajar. Terkadang pendidik membutuhkan beberapa strategi untuk mengambil hati, mengatasi kebosanan dan menambah semangat anak-anak dalam belajar atau sekadar menransfer nilai-nilai universal kehidupan. Kelas Meditasi merupakan cara penulis untuk mengajak peserta didik di SDN 38 Sekodi, Kabupaten Bengkalis, agar lebih fokus dalam belajar, melatih konsentrasi, merasakan kenyamanan baik fisik maupun psikis sekaligus mengaktifkan aspek kognitif dan afektif mereka.Latar belakang
Penulis pernah mencoba beberapa hal yang bisa mengajak peserta didik untuk terus antusias belajar, salah satunya adalah mendongeng. Mereka senang mendengarkan cerita, bahkan sebelum pulang selalu menagih kepada penulis untuk dibacakan dongeng. Kemudian penulis mencoba menggunakan metode meditasi yang disederhanakan untuk para peserta didik dalam aktivitas yang dinamai Kelas Meditasi.Prasyarat
Kegiatan ini bisa dilakukan di kelas besar. Biasanya penulis melakukan hal ini di kelas V dan kelas VI dengan jumlah peserta didik maksimal 20 orang agar pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan efektif. Pilihan untuk melakukan Kelas Meditasi di kelas besar (kelas IV-VI) karena di jenjang ini, peserta didik sudah bisa untuk mulai berpikir abstrak. Pada anak usia 7-12 tahun sudah masuk dalam tahapan perkembangan kognitif operasional konkret yang mempunyai ciri berupa penggunaan logika yang memadai (Piaget, dalam Papalia & Feldman, 2001).Kajian teoretis
Perkembangan ilmu neurologi mendefinisikan bahwa ada empat gelombang otak yakni zona alfa, beta, teta dan delta. Meditasi merupakan salah satu cara agar kita bisa masuk ke zona teta. Di zona teta, seseorang dapat mengeluarkan ide-ide kreatif atau mendapatkan jawaban dari sesuatu yang diperoleh sebelumnya. Dalam kondisi ini otak bekerja dengan baik, jernih dan bening untuk proses downloading atau mengunduh, yaitu merekam kenangan-kenangan yang punya unsur keselamatan hidup, punya makna emosional dan memiliki hubungan dengan kehidupan sehari-hari dan informasi yang selalu diulang-ulang (Chatib, 2013). Mendongeng sebelum anak tidur merupakan salah satu aplikasi dari gelombang ini. Hal ini dapat dilihat dari tingkat efektivitas dongeng yang membuat anak mampu merekam semua cerita yang mereka dengarkan sampai tua.
Menurut Mattesion (2006) meditasi merupakan pengalihan perhatian ketingkat pemikiran yang lebih dalam hingga masuk ke tingkat pemikiran yang paling dalam dan mencapai sumber pemikiran. Mattesion menambahkan bahwa meditasi mampu menurunkan tingkat rangsangan seseorang dan membawa suatu keadaan yang lebih tenang, baik secara psikologis maupun fisiologis. Hal tersebut didukung oleh Prabowo (2007) bahwa meditasi mampu menurunkan kecemasan, perasaan reaktif dan agresivitas.
Alur persiapan
Untuk melakukan Kelas Meditasi, penulis perlu melakukan sejumlah persiapan yang memadai baru kemudian memasuki tahap pelaksanaan.Langkah persiapan pertama
Pendidik menyiapkan tujuan yang ingin dicapai lewat Kelas Meditasi. Misalkan pendidik ingin mengajak peserta didik memahami pentingnya menyayangi teman atau menghormati orang tua dan guru, maka pendidik menyiapkan alur cerita terkait hal tersebut.
Model narasi Kelas Meditasi berbeda dengan mendongeng. Dongeng adalah cerita fantasi sederhana yang belum tentu terjadi (fiksi) yang berguna untuk menyampaikan ajaran moral dan bersifat menghibur. Sedangkan penulis menggunakan narasi bercerita agar peserta didik bisa berada dalam kondisi otak yang siap menerima segala apapun yang mereka dengarkan. Meditasi dengan visualisasi ini mengajak untuk membayangkan gambaran cerita yang disampaikan sehingga peserta didik mau ikut terlibat lebih dalam secara psikis.
- Contoh narasi dongeng:
(Dikutip dari dongeng Loly Takut Bertanya oleh Kak Rudy Cahyono).
- Contoh narasi Kelas Meditasi dengan nilai positif menyayangi teman:
Langkah persiapan kedua
Penulis menyiapkan musik instrumental yang sesuai dengan situasi meditasi. Musik membantu peserta didik untuk santai dan fokus dengan perkataan yang pendidik ucapkan. Musik instrumental yang pernah penulis gunakan antara lain adalah lagu Do’aku dari Hadad Alwi, Sound After Rain, rekaman suara kicau burung, lagu instrumental Implora dan Apls Flue.
Langkah persiapan ketiga
Penulis menanyakan kesediaan mengikuti Kelas Meditasi kepada peserta didik. Prinsip dasar Kelas Meditasi adalah kesediaan peserta didik mengkutinya. Bila mereka bersedia, jadi mudah menransfer nilai-nilai yang akan disampaikan. Jika tidak, akan terjadi mental blocking sehingga tujuannya tidak tercapai. Jadi peserta didik yang ikut adalah yang benar-benar mau terlibat tanpa terpaksa.
Langkah persiapan keempat
Penulis memilih suasana kelas yang mendukung, yaitu kondisi kelas atau sekolah yang hening sehingga konsentrasi peserta didik tidak terpecah. Penulis pernah melakukannya ketika di ujung jam pelajaran terakhir sebelum pulang, ketika kelas yang lain sudah pulang. Penulis juga pernah melakukannya di awal hari sebelum jam belajar dimulai, ketika peserta didik kelas lain belum datang ke sekolah. Prinsipnya, Kelas Meditasi bisa dilakukan kapanpun namun asal suasananya mendukung.
Langkah persiapan kelima
Penulis meminta peserta didik agar berada kondisi ternyamannya sebelum memulai aktivitas meditasi. Penulis membebaskan peserta didik mengambil posisi apapun, asal bisa menikmati sesi ini.
Alur pelaksanaan
Setelah peserta didik siap, penulis memulai kegiatan meditasi ini dengan menyalakan musik instrumental.Langkah pelaksanaan pertama
Penulis membuka dengan narasi yang mengajak mereka untuk lebih rileks, santai dan fokus
- Contoh narasi pembuka:
Langkah pelaksanaan kedua
Jika anak-anak sudah santai rileks, penulis menyampaikan cerita sesuai dengan tema dan tujuan dari Kelas Meditasi ini. Contohnya seperti di narasi yang ada di langkah persiapan pertama.
Langkah pelaksanaan akhir
Jika sudah selesai, biasanya penulis juga mengembalikan kondisi peserta didik seperti di awal. Penulis menuntun mereka untuk kembali fokus ke musik, merasakan nikmatnya musik sambil menarik nafas dan mengeluarkannya pelan-pelan. Biasanya penulis mengajak mereka melakukan ini sebanyak 3-5 kali. Jika sudah, penulis meminta peserta didik untuk membuka mata kembali.
- Contoh narasi penutup:
Alat dan bahan
Alat dan bahan yang dibutuhkan dalam Kelas Meditasi disesuaikan dengan kebutuhan. Alat yang utama adalah musik instrumental untuk mengiringi, pendidik bisa menggunakan media telepon seluler atau laptop dan pengeras suara. Sebelum memulai Kelas Meditasi, penulis memastikan bahwa musik yang diputar dapat didengar oleh seluruh peserta didik. Selain itu, cerita/narasi yang kuat untuk memandu jalannya pikiran siswa sesuai dengan tujuan juga diperlukan.Manfaat
Beberapa manfaat yang bisa diambil dari Kelas Meditasi ini adalah sebagai berikut :- Menjadikan siswa lebih nyaman secara psikologis
- Melatih konsentrasi anak-anak untuk lebih fokus
- Sebagai media untuk menransfer nilai-nilai kehidupan kepada anak
- Menyentuh ranah kognitif dan afektif anak untuk terus dikembangkan
Referensi
Cahyono, Rudi. (2011). “22 Hari Bercerita (Buku Pertama Kumpulan Cerita Anak)”. Penerbit Indonesia Bercerita.Chatib, Munif. (2013). Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Bandung : Kaifa.
Papalia, D.E. Olds, S. W & Feldman. D. (2001). Human Development (8th ed). Boston: McGraw-Hill.
http://teoriku.blogspot.com/2013/03/pengertian-dongeng-definisi-dongeng.html?m=1
http://kajianpsikologi.blogspot.com/2012/01/kegunaan-meditasi.html?m=1
Sumber : http://belajar.indonesiamengajar.org
BKN SELEKSI USULAN KUOTA CPNS 2014 DARI DAERAH
Diposkan oleh
Unknown
0
komentar
By:
Albert Wahyu
on 6:03 AM
Kabar yang ditunggu-tunggu oleh seluruh sarjana di Indonesia adalah
dibukanya Penerimaan CPNS 2014, untuk tahun 2014 ini disiapkan kurang
lebih ada 100 ribu kursi, untuk rekan-rekan yang berminat untuk
mengikuti seleksi segara persiapkan kelengkapan berkas, agar nanti pada
waktu diumumkan resmi anda sudah siap. berikut ini informasi dari BKN
terbaru, silahkan simak artikel dibawah ini :
Badan Kepegawaian Negara (BKN) terus mengumpulkan usulan kuota CPNS baru
dari instansi Pusat atau Daerah.Persiapan penyelenggaraan rekrutmen
CPNS baru tahun anggaran 2014 sudah mulai berjalan.Usulan dari instansi
daerah masih sepi.Kepala BKN Eko Sutrisno menuturkan "Usulan kuota CPNS baru 2014 sudah masuk sejak beberapa hari lalu," pintu awal usulan kuota CPNS baik instansi pusat maupun daerah ada di tempatnya.
Panduan teknis untuk usulan CPNS baru tahun anggaran 2014 sudah
disiapkan oleh BKN, Baik itu untuk instansi kementerian, lembaga non
kementerian, provinsi, kabupaten, atau kota.Usulan CPNS baru dari
instansi daerah, masih 50 persen.Bapak Eko Sutrisno mengharapkan instansi daerah segera mengajukan usulan CPNS, jika memang membutuhkan suntikan pegawai baru.
Eko menuturkan sampai saat ini BKN masih menganalisis usulan kuota CPNS baru dari instansi pusat maupun daerah itu. Di antara analisis itu adalah, untuk memastikan kelayakan angka kuota CPNS baru yang diusulkan. Biasanya usulan kuota CPNS baru yang diajukan, melebihi kebutuhan riil.
Namun BKN saat ini mulai ketat mengabulkan jumlah kuota CPNS baru. Eko mengatakan tim analisis akan melihat kebutuhan CPNS berdasarkan analisis jabatan, analisis beban kerja, dan kebutuhan pegawai dalam beberapa tahun depan. Semua persyaratan analisis itu, harus dilayangkan instansi sebelum mengusulkan kuota CPNS baru.
Sampai saat ini usulan CPNS baru Kecenderungan formasi :
1. Tenaga Pendidik (guru)
2. Tenaga kesehatan seperti dokter umum serta perawat masih cukup besar.
3. Pegawai Teknis
4. Pegawai Administrasi.
BKN menginformasikan usulan CPNS baru akan disampaikan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB). Lalu usulan kuota CPNS itu akan ditetapkan.
Setelah kuota CPNS baru ditetapkan, tahap selanjutnya memecahnya menjadi
formasi sesuai bidang pekerjaan di masing-masing instansi. menurut
Menteri PAN-RB Azwar Abubakar,
Pada tahun ini Bagi para tenaga honorer yang tidak lulus pengangkatan CPNS, berkesempatan mendaftar CPNS 2014 tetapi dengan status sama seperti pelamar umum lainnya.Sesuai dengan kekuatan keuangan dalam APBN 2014, kuota Nasional CPNS baru disiapkan sekitar 100 ribu orang. Jumlah ini lumayan lebih besar dibandingkan dengan kuota CPNS baru dari rekrutmen pelamar umum tahun lalu. ini penjelasan dari bapak Eko Sutrisno selaku Kepala BKN.
Pada tahun ini Bagi para tenaga honorer yang tidak lulus pengangkatan CPNS, berkesempatan mendaftar CPNS 2014 tetapi dengan status sama seperti pelamar umum lainnya.Sesuai dengan kekuatan keuangan dalam APBN 2014, kuota Nasional CPNS baru disiapkan sekitar 100 ribu orang. Jumlah ini lumayan lebih besar dibandingkan dengan kuota CPNS baru dari rekrutmen pelamar umum tahun lalu. ini penjelasan dari bapak Eko Sutrisno selaku Kepala BKN.
Sumber : http://www.jpnn.com/
SK TPP Tidak Terbit karena 7 Faktor
Diposkan oleh
Unknown
0
komentar
SK Tunjangan profesi bagi guru jenjang Dikdas (SD/SMP), sampai Mei ini
belum mencapai 100%. Penyebabnya, ada beberapa faktor sehingga tidak
bisa di-SK-kan.
Menurut Sumarna Surapranata, Ph.D., Direktur Pembinaan PTK Dikdas, ada
sejumlah penyebab sertifikasi tidak bisa dibuatkan Surat Keputusan
Tunjangan Profesi.
- Pertama, jam linier kurang. Yang dimaksud linier yaitu sertifikasi guru sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan dalam rombel.
- Kedua, rombel tidak normal. Kondisi tidak normal terjadi ketika JJM per rombel melebihi aturan KTSP tentang jumlah jam mengajar.
- Ketiga, data kelulusan tidak ditemukan. Maksudnya, data kelulusan sertifikasi tidak valid.
- Keempat, status Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan tidak ditemukan.
- Kelima, sudah memasuki masa pensiun.
- Keenam, isian data tidak lengkap baik pada golongan dan masa kerja untuk PNS maupun data rekening bank (nomor akun, nama bank, cabang).
- Ketujuh, ia tidak diusulkan Suku Dinas/Dinas karena sesuatu hal.
Baca informasi selengkapnya di http://118.98.166.62/content/berita/utama/tunjangan-profesi-2-2
Diposkan oleh
Kak Ichsan
di
22.50
sumber : www.yasekolah.com
Subscribe to:
Posts (Atom)
Labels
Bahasa Indonesia
(2)
BOS
(6)
BSM
(1)
DAPODIK 2013
(15)
Info CPNS
(7)
Info Umum
(41)
Kurikulum 2013
(26)
matematika
(14)
NISN
(5)
Padamu Negeri
(18)
Penilaian Kinerja Guru
(2)
PPDB
(3)
sertifikasi
(3)