No
|
DIMENSI TUGAS
UTAMA / INDIKATOR KINERJA GURU
|
I
|
PERENCANAAN
PEMBELAJARAN
|
1
|
Guru memformulasikan tujuan pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum
/ silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik.
|
2
|
Guru menyusun bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhir
|
3
|
Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif
|
4
|
Guru memilih sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi
dan strategi pembelajaran
|
II
|
PELAKSANAAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF
|
A. KEGIATAN
PENDAHULUAN
|
|
5
|
Guru memulai pembelajaran dengan efektif
|
B. KEGIATAN INTI
|
|
6
|
Guru menguasai materi pelajaran
|
7
|
Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
|
8
|
Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran
|
9
|
Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran
|
10
|
Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
|
C. KEGIATAN
PENUTUP
|
|
11
|
Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif
|
III
|
PENILAIAN
PEBELAJARAN
|
12
|
Guru merancang alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan
belajar peserta didik
|
13
|
Guru menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian untuk memantau
kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu
sebagaimana yangtertulis dalam RPP
|
14
|
Guru memanfatkan berbagai hasil penilaian untuk memberikan umpan balik
bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan bahan penyusunan rancangan
pembelajaran selanjutnya
|
No
|
DIMENSI TUGAS
UTAMA / INDIKATOR KINERJA GURU
|
I
|
PERENCANAAN LAYANAN
BK
|
1
|
Guru BK/Konselor dapat menunjukkan landasan keilmuan pendidikan dalam perencanaan
layanan BK
|
2
|
Guru BK/Konselor dapat menyusun dan mengembangkan instrumen, memilih
instrumen,mengaplikasikan dan mengadministrasikan, serta menggunakan hasil
assesmen
|
3
|
Guru BK/Konselor dapat menentukan materi dan bidang layanan BK berdasar
kebutuhan peserta didik/konseli
|
4
|
Guru BK/Konselor dapat menentukan jenis kegiatan layanan dan pendukung
sesuai dengan materi dan bidang layanan BK
|
5
|
Guru BK/Konselor dapat menentukan jadwal pelaksanaan layanan BK
|
6
|
Guru BK/Konselor dapat merencanakan sarana dan biaya pelaksanaan
layanan BK
|
II
|
PELAKSANAAN
LAYANAN BK
|
A. TEORI DAN
PRAKTIS BK
|
|
7
|
Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan prinsip pendidikan dan
dimensi pembelajaran dalam pelayanan BK
|
8
|
Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan praksis pendidikan dalam
pelayanan BK
|
9
|
Guru BK/Konselor dapat membedakan esensi layanan BK pada jalur satuan
pendidikan formal, nonformal dan informal
|
10
|
Guru BK/Konselor dapat membedakan esensi layanan BK pada jenis dan
jenjang satuan pendidikan usia dini, dasar dan menengah, serta tinggi
|
11
|
Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan hakikat pelayanan BK (tujuan,
prinsip, azas, fungsi, dan landasan)
|
12
|
Guru BK/Konselor memberi kesempatan kepada peserta didik/konseli
memperoleh pelayanan BK sesuai dengan pertumbuhan fisik dan perkembangan
psikologis
|
13
|
Guru BK/Konselor memberi kesempatan kepada peserta didik/konseli
memperoleh pelayanan BK sesuai dengan bakat, minat, dan potensi pribadi
|
14
|
Guru BK/Konselor memberi kesempatan kepada peserta didik/konseli
memperoleh pelayanan BK untuk mengembangkan sikap, perilaku dan kebiasaan
belajar
|
B. PERSIAPAN LAYANAN BK
|
|
15
|
Guru BK/Konselor dapat mengaplikasikan dasar-dasar pelayanan BK dalam
penyusunan
Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL)
|
C. PELAKSANAAN
LAYANAN BK
|
|
16
|
Guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan berbagai jenis layanan dan
kegiatan
pendukung yang ada dalam RPL (Satlan/Satkung)
|
17
|
Guru BK/Konselor dapat memfasilitasi pengembangan kehidupan pribadi,
sosial, kemampuan belajar dan perencanaan karir
|
18
|
Guru BK/Konselor dapat menerapkan pendekatan/model konseling dalam
pelayanan BK
|
19
|
Guru BK/Konselor dapat melaksanakan pendekatan kolaboratif dengan pihak
terkait dalam pelayanan BK
|
20
|
Guru BK/Konselor dapat mengelola sarana dan biaya pelaksanaan pelayanan
BK
|
D.
PENILAIAN KEBERHASILAN BK
|
|
21
|
Guru BK/Konselor dapat melakukan penilaian proses dan
hasil pelayanan BK
|
III
|
EVALUASI,
PELAPORAN DAN TINDAK LANJUT LAYANAN BK
|
A. EVALUASI
PROGRAM BK
|
|
22
|
Guru BK/Konselor dapat melakukan evaluasi program BK
|
23
|
Guru BK/Konselor dapat menginformasikan hasil evaluasi
program BK kepada pihak
terkait
|
24
|
Guru BK/Konselor dapat menggunakan hasil evaluasi
untuk mengembangkan program
BK selanjutnya
|
B. PELAPORAN DAN TINDAK LANJUT LAYANAN BK
|
|
25
|
Guru BK/Konselor dapat menyusun laporan pelaksanaan
program (Lapelprog)
berdasarkan hasil evaluasi program BK
|
26
|
Guru BK/Konselor dapat menentukan arah profesi (peran
dan fungsi guru BK/ Konselor)
|
27
|
Guru BK/Konselor dapat merancang dan melaksanakan
penelitian dalam BK
|
28
|
Guru BK/Konselor dapat memanfaatkan hasil penelitian
dalam BK
|