- Untuk LogIn masukkan Username dan Password yang sama seperti anda login di App Dapodik sekolah anda.
- Jika berhasil Login Klik Referensi maka tampilan laman seperti dibawah ini
- NISN siswa akan tampil seperti gambar diatas, untuk mengecek keabsahan data siswa tersebut klik Residu kemudian cocokkan data
siswa, samakan dataNya dengan kolom atas dan data yang berada dikolom
bawah (Kolom atas data DAPODIK & Kolom Bawah data pada server NISN
PDSP)
- Jika data siswa (nama, tempat lahir, ibu kandung) cocok atau sesuai dengan data yang dikolom bawah maka klik "Match" sebaliknya jika data siswa tersebut tidak sosok atau sesuai maka klik " Not Macth" lihat gambar dibawah :
"Not Match"
"Match" - Jika data siswa tidak ditemukan seperti kasus diatas maka perbaiki melalui jalur Sync seperti biasa.
Home » Archives for 05/23/14
Friday, May 23, 2014
Cek & Ricek Data NISN Siswa
Diposkan oleh
Unknown
0
komentar
NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan layanan
sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh
Pusat Data dan Statistik Kemdiknas yang merupakan bagian dari program
Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan Nasional.
Layanan NISN menerapkan sistem komputerisasi yang terpusat dan online
untuk pengelolaan nomor induk siswa skala nasional sesuai Standar Pengkodean
yang telah ditentukan. Setiap siswa yang terdaftar pada Layanan NISN
akan diberi kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar
dan berlaku sepanjang masa yang membedakan satu siswa dengan siswa
lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia. Mekanisme penentuan dan
pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut prosesnya dilakukan
secara otomatis oleh mesin komputer pada Pusat Layanan NISN. Penentuan
dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut berdasarkan
pengajuan atau masukan (entry) sumber data siswa yang telah
divalidasi/diverifikasi oleh setiap sekolah dan atau Dinas Pendidikan
Kota/Kabupaten secara online.. Hasil dari proses pemberian kode
identifikasi oleh Pusat Sistem NISN tersebut ditampilkan secara terbuka
dalam batasan tertentu melalui situs NISN. Dibawah ini ada penjelasan cara cek NISN siswa di link Verifikasi dan Validasi , ke benaran data tersebut pastikan bahwa data sesuai dengan data di
Dapodik. Ingat NISN jangan dulu dimasukkan ke aplikasi Dapodikdas karena proses pemberian NISN dilakukan melalui proses Sync maka silahkan lakukan Sync terlebih dahulu,
Untuk lebih jelasnya kunjungi alamat dibawah ini
Seberapa Aman Password Anda? Cek di Sini!
Diposkan oleh
Unknown
0
komentar
Hacker (geeknewscentral.com)
Kekuatan sebuah password dapat dilihat dari panjangnya password dan kompleksitasnya. Ada dua faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan kekuatan password: rata-rata jumlah penyerang yang menebak password untuk mencari password yang benar dan kemudahan penyerang memeriksa validitas dari setiap dugaan password.
Faktor pertama ditentukan oleh seberapa panjang password Anda, seberapa banyak karakter atau simbol yang digunakan. Faktor kedua ditentukan oleh bagaimana password disimpan dan digunakan.
Nah, ada beberapa tools yang tersedia di internet untuk mengecek kekuatan sebuah password, tools ini bisa digunakan secara gratis.
1. Microsoft Password Checker
Situs ini cukup dikenal. Melalui situs ini Anda bisa mengecek seberapa kuat password Anda. Kuat atau tidaknya password Anda akan ditunjukkan oleh indikator warna dalam bentuk bar di bawahnya. Warna merah menandakan password Anda buruk/tidak aman hingga warna hijau mengindikasikan bahwa password Anda kuat.
2. Password Meter
Password Meter juga bisa diakses secara gratis bagi mereka yang ingin menguji apakah password mereka aman. Aplikasi online ini dirancang untuk memperkirakan kekuatan password Anda agar Anda dapat memperbaiki password. Dalam situs itu dijelaskan bahwa Aplikasi ini tidak sempurna, dan hanya boleh digunakan sebagai panduan dalam menentukan metode untuk meningkatkan keamanan password.
3. How Secure Is My Password?
Sama seperti aplikasi online yang di atas, melalui situs ini Anda juga bisa mengecek apakah password yang Anda gunakan aman atau tidak. Sekali lagi, harap diingat bahwa aplikasi-aplikasi online pengecek password ini sebaiknya hanya dijadikan panduan dalam membuat password yang aman. Yang penting Anda tahu bagaimana password yang dikategorikan sebagai aman. Dalam situs ini juga ditulis peringatan: "This site could be stealing your password... it's not, but it easily could be. Be careful where you type your password".4. Password-Review
Di situs ini Anda dapat melihat tingkat keamanan password Anda setelah menekan enter, jadi pastikan Anda menjaga beberapa privasi sebelum menggunakannya. Setelah mengklik "check pw", Anda akan melihat pesan apakah password Anda aman atau tidak, di bawahnya ada tabel yang menunjukkan titik lemah dan kekuatan password Anda.
(Dewi Widya Ningrum) ;
Cara Buat Password yang Mudah Diingat Tapi Sulit Dibobol
Diposkan oleh
Unknown
0
komentar
(Foto: digitaltrends.com)
Idealnya, password seharusnya tidak mudah ditebak oleh orang lain. Namun dalam prakteknya, banyak orang yang memilih membuat password yang mudah diingat, seperti nama, tanggal lahir, nomor telepon, atau kata-kata lain yang mudah ditebak.
Password yang paling populer dipakai orang adalah "123456", "123456789", bahkan kata "password". Password ini tidak aman karena sangat mudah ditebak. Sebuah password haruslah:
- minimal terdiri dari 6-8 karakter
- terdiri dari gabungan huruf, angka, dan simbol
Lalu bagaimana trik mudah membuat password yang mudah diingat namun sulit ditebak? Berikut kami sajikan tipsnya khusus untuk Anda.
Kreatif, buatlah frase!
Semakin panjang password yang digunakan, akan semakin sulit hacker menebaknya. Sebab hacker akan membutuhkan banyak waktu untuk membobolnya, meski dengan teknik yang paling canggih. Sebaliknya, makin sedikit karakter password, makin besar kemungkinan ditebak. Password yang paling banyak dipakai umumnya terdiri dari 6-8 karakter.
Namun yang menjadi masalah, tidak semua orang bisa mengingat password yang panjang. Intinya bukan soal panjang pendeknya password, tetapi buatlah kreatifitas. Jadi meskipun password Anda tidak terlalu panjang, tapi tetap sulit ditebak.
Caranya, buatlah frase yang mudah diingat. Misalnya yang menggambarkan tentang diri Anda atau kehidupan Anda. Contohnya "I Falling in Love With Sushi on 2013". Kemudian ambil huruf pertama dari setiap kata, sehingga passwordnya menjadi: "IFiLWSo2002".
Secara kriteria, password tersebut terdiri dari 11 karakter, huruf besar dan kecil serta angka. Jika ingin pakai karakter simbol, ganti huruf I menjadi simbol "!" agar semakin sulit ditebak.
Penting untuk diingat!- Ganti huruf menjadi angka atau simbol untuk mempersulit orang lain menebak password Anda.
- Jangan buat password dengan menggunakan angka yang berurutan.
Password berupa urutan angka biasanya adalah password default yang diberikan suatu layanan aplikasi. “1234”, “12345” atau dibalik menjadi “54321”. Jangan menggunakan password yang sangat mudah ditebak seperti ini.
- Gunakan password yang berbeda untuk setiap akun yang Anda miliki.
Password yang sama justru membuat akun-akun Anda rentan pembobolan.
- Anda juga bisa menggeser jari Anda 1 tuts ke sebelah kiri atau kanan dari yang seharusnya. Misalnya: password "newyork" menjadi "bwqtiej" (jika menggeser 1 tuts keyboard ke kiri) atau "mreuptl" (jika digeser ke kanan).
Selamat Mencoba, Semoga bermanfaat
(Dewi Widya Ningrum) ;
sumber : http://tekno.liputan6.com
Mengenal Sudut dengan Memperagakannya
Diposkan oleh
Unknown
0
komentar
Abstraksi
Berawal dari uniknya karakter murid-murid saya yang sangat aktif-kinestetik pada saat guru mengajar di kelas, saya mencoba untuk mengenalkan mereka tentang konsep sudut dengan cara siswa memperagakan bentuk sudut tersebut menggunakan tubuh mereka. Pembelajaran kreatif ini dicobakan untuk materi ‘Sudut’ Matematika Kelas 3. Aktivitas belajar ini bertujuan untuk mengenalkan siswa mengenai jenis-jenis sudut.Latar Belakang
Kondisi Kelas
Kelas 3 SDN Inpres Solan, jumlah siswa: 41 siswa. Dengan jumlah yang melebihi kapasitas pembelajaran efektif, saya seringkali kewalahan pada saat penyampaian materi.Karakter Siswa
Siswa kami adalah anak-anak yang aktif secara kinestetis. Duduk tenang merupakan hal sulit bagi mereka. Walaupun demikian tetap ada siswa yang serius dan tekun mendengarkan guru. Di sisi lain ada siswa yang sibuk mengobrol, berjalan-jalan di kelas, atau sibuk dengan permainannya sendiri.Pemilihan Metode
Oleh karena itu, saya mencoba untuk mencari cara untuk mendapatkan perhatian anak-anak ini. Pada kesempatan kali ini saya mencoba melibatkan siswa dengan cara menjadikan tubuh mereka sebagai alat peraga. Cara ini saya anggap cocok untuk tipe siswa saya yang aktif secara kinestetik.Materi Ajar
SudutAlat dan Bahan
1. Kertas bekas2. Spidol
3. Busur derajat
Metode ini saya pakai di kelas 3 dengan jumlah murid sekitar 40an, terbukti cukup efektif untuk membangkitkan antusiasme mereka untuk belajar . Melalui metode ini siswa dapat belajar mengenal berbagai macam sudut.
Langkah-langkah Pembelajaran
Apersepsi
Pada awal kegiatan belajar, saya biasanya mencoba membangkitkan minat belajar para siswa terlebih dahulu. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengajak siswa bernyanyi atau memberikan cerita singkat sebagai apersepsi.Kemudian, guru dapat menjelaskan terlebih dahulu secara sederhana, misalnya dengan menggunakan gambar di papan tulis mengenai macam-macam sudut. Setelah selesai memberikan penjelasan secara singkat, padat dan jelas, guru mengajak siswa untuk melakukan sebuah permainan bersama.
Langkah Pertama
Guru memberikan kesempatan pada siswa yang dapat duduk dengan tenang untuk maju ke depan. Metode pemilihan siswa bisa disesuaikan dengan kondisi kelas, misalnya dengan mengajukan tanya jawab soal. Dalam permainan ini, guru membutuhkan enam orang siswa untuk memperagakan bentuk sudut.Catatan: Ada tiga sudut yang akan diperkenalkan kepada siswa yaitu: sudut tumpul, sudut siku-siku, dan sudut lancip.
Langkah Kedua
Guru mempersilakan dua orang siswa terpilih untuk membentuk sudut siku-siku. Guru memberikan panduan kepada siswa untuk berbaring di lantai, kaki bertemu dengan kaki, mengikuti garis lantai sebagai acuan garis lurus. (lihat gambar)Langkah Ketiga
Guru memperkenalkan sudut siku-siku kepada siswa beserta keterangan yang berkaitan dengan sudut tersebut (nama sudut, besar sudut, kaki sudut, dan titik sudut).Guru: “Mari kita berkenalan dengan teman kita yang pertama, namanya sudut siku-siku. Sudut apa namanya?”Guru bisa melakukan pengulangan saat memperkenalkan nama-nama sudut dan besarnya. Sesekali, kita bisa tanyakan kepada salah satu siswa untuk mendapatkan perhatian dari siswa tersebut.
Siswa: “Sudut siku-siku.”
Guru: “Sudut siku-siku membentuk sudut yang besarnya 90o. Besar sudutnya berapa?”
Siswa: “Sembilan puluh derajat.”
Langkah Keempat
Sebagai panduan untuk siswa, guru memberikan keterangan mengenai nama sudut, besar sudut, kaki sudut, dan titik sudut yang sudah guru persiapkan sebelumnya. Keterangannya cukup sederhana saja dengan menggunakan kertas bekas yang sudah ditulisi informasi. Letakkan kertas-kertas keterangan tersebut di tempatnya.Langkah Kelima
Lakukan hal yang serupa untuk peragaan sudut lancip serta sudut tumpul. Siswa yang turut membantu dalam peragaan diberitahu agar tetap pada posisinya.Langkah Keenam
Setelah ketiga sudut terbentuk, guru meminta para siswa yang duduk untuk menunjuk sudut mana yang paling besar dan paling kecil. Guru juga meminta siswa untuk membandingkan antara dua sudut, sudut mana yang lebih besar dan lebih kecil. Tahap ini juga merupakan kesempatan bagi kita untuk mengingatkan anak didik tentang penggunaan tanda matematika ‘lebih dari’ dan ‘kurang dari’.Tips untuk Mengingat:
> (lebih besar karena apabila ditarik garis vertikal di depannya akan menyerupai bentuk huruf ‘b’, ‘b’ berartil ebih besar)
< (lebih kecil karena apabila ditarik garis vertikal di depannya akan menyerupai bentuk huruf ‘k’, ‘k’ berarti lebih kecil)
Setelah selesai satu sesi, guru memberi kesempatan siswa secara bergiliran untuk mencoba.
Langkah Ketujuh
Kegiatan ini juga dapat dibuat sebagai permainan. Kumpulkan kertas-kertas keterangan, berilah kesempatan beberapa siswa untuk meletakkan kertas keterangan tersebut di sudut yang tepat. Ingatkan siswa untuk berhati-hati sehingga tidak menginjak kaki/bagian tubuh lain dari temannya yang sedang berbaring di lantai.Langkah Delapan
Pada akhir peragaan, guru pun dapat memperkenalkan busur derajat (apa itu busur derajat dan fungsinya) kepada anak-anak.
Revisions: (Show)
Subscribe to:
Posts (Atom)
Labels
Bahasa Indonesia
(2)
BOS
(6)
BSM
(1)
DAPODIK 2013
(15)
Info CPNS
(7)
Info Umum
(41)
Kurikulum 2013
(26)
matematika
(14)
NISN
(5)
Padamu Negeri
(18)
Penilaian Kinerja Guru
(2)
PPDB
(3)
sertifikasi
(3)