-
Komite Sekolah bersama Kepala Sekolah menetapkan satu anggota Tim BOS Tingkat Sekolah yang berasal dari unsur orang tua yang tidak sedang merangkap sebagai anggota Komite Sekolah.
-
Menandatangani Format Daftar Siswa Miskin yang Dibebaskan dardi Segala Jenis Pungutan/Iuran (Format BOS-08)
-
Menandatangani Format Contoh Pengumuman Rencana Penggunaan Dana BOS (Format BOS-11 A)
-
Menadatangani Format Contoh Pengumuman Laporan Penggunaan Dana BOS (Format BOS-11B)
-
Menandatangani Format Rencana Pengambilan Dana BOS oleh Sekolah kepada Bank/Pos (Format BOS-12)
-
Menandatangani Format Lembar Perbandingan Harga/Jasa (Format BOS -19)
-
Menandatangani Format Daftar Buku yang Dibeli Sekolah dari Dana BOS Buku (Format BOS Buku-03)
-
Menandatangani Format Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (Format BOS K-1)
-
Menandatangani Format Realisasi Penggunaan Dana Tiap Jenis Anggaran (Format BOS K-2)
SEMOGA BERMANFAAT, http://www.bos.kemdikbud.go.id.
Home » Archives for 06/03/14
Tuesday, June 3, 2014
PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN DANA BOS
Diposkan oleh
Unknown
0
komentar
Komite
Sekolah memiliki peran penting dalam mengawasi penggunaan dana BOS agar
akuntabel dan transparan. Dalam menjalankan perannya, Komite Sekolah
tidak boleh bersikap pasif dan bergantung pada inisiatif pihak sekolah.
Berikut peran Komite Sekolah yang tidak boleh diabaikan;
Mendikbud: Tiga Potensi untuk Kesempurnaan Diri
Diposkan oleh
Unknown
0
komentar
Semarang, Kemdikbud –
Ada tiga potensi dalam diri setiap manusia yang jika dikelola dengan
baik maka akan tercipta kesempurnaan dalam diri manusia itu. Ketiga
potensi diri itu adalah logika, etika, dan estetika. Logika merujuk pada
kebenaran, etika merujuk pada kebaikan, dan estetika merujuk pada
keindahan.
Hal tersebut disampaikan Menteri Pendidikan dan
Kebudayan (Mendikbud), Mohammad Nuh saat menyampaikan sambutan dalam
acara pembukaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2014 yang
berlangsung di Semarang, Jawa Tengah, Senin (02/06/2014) malam. “Kalau
ketiganya itu bisa kita kembangkan, tumbuhkan, tanamkan pada peserta
didik kita dan pada diri kita, maka bersandingnya antara kebenaran,
kebaikan, dan keindahan, adalah kesempurnaan,” ujar Mendikbud.
Mendikbud menilai, seni bukan sekadar untuk seni
atau hiburan semata. Seni menjadi bagian dari upaya untuk
mengekspresikan potensi dan kemampuan yang dimiliki. Dengan ekspresi
itu, maka nilai yang ingin ditanamkan pada diri siswa dapat dititipkan.
“Oleh karena itu, saya tidak bosan-bosannya menyampaikan bahwa wilayah
Kurikulum 2013 meliputi wilayah fenomena alam, fenomena sosial dan
budaya, serta fenomena seni. Kita tidak ingin hanya membangun kebenaran,
tetapi juga disertai kebaikan dan keindahan. Ketiganya yang ingin kita
tanamkan, sehingga Indonesia ke depan menjadi negara yang lebih indah
dan nyaman,” imbuhnya.
Direktur Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Achamd Jazidie mengatakan, nilai
atau karakter yang ingin dikembangkan dan tanamkan melalui kegiatan ini
antara lain nilai-nilai kejujuran, sportivitas, kerja keras, menghargai
perbedaan, dan disiplin. “Melalui ajang ini, kita berharap akan muncul
bibit-bibit seniman, sastrawan, dan budayawan yang turut mengisi relung
jiwa bangsa ini menjadi negara yang besar dan Berjaya,” tutur Jazidie.
Ia menambahkan, melalui tema FLS2N 2014, yaitu
“Kreasi dan Seni untuk Membangun Karakter Siswa”, karakter seseorang
diharapkan akan terbangun melalui kegiatan berkesenian. “Sebab seni
mengajarkan kepada kita untuk menumbuhkan rasa empati, menjunjung etika
dan estetika, serta menghargai martabat manusia. Dengan seni, hidup kita
menjadi lebih indah,” imbuhnya. (Ratih Anbarini)
Sumber : http://kemdikbud.go.id
Dorong Transparansi, Kemdikbud Siapkan Sistem PPDB Daring
Diposkan oleh
Unknown
0
komentar
Jakarta, Kemdikbud ---
Guna mewujudkan penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang transparan,
Kemdikbud melalui Pusat Teknologi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom)
menyiapkan sistem PPDB daring. Sistem ini dapat dimanfaatkan untuk
proses PPDB dari jenjang SD hingga SMA/SMK.
Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang
Pendidikan (Wamendik) Musliar Kasim, mengatakan, Kemdikbud menyiapkan
sistem daring ini sebagai stimulus agar proses PPDB bisa dipantau oleh
masyarakat dan tidak merugikan siapapun. “Kita menstimulus saja agar
kabupaten/kota bisa menyelenggarakan PPDB yang transparan. Yang
transparan itu caranya dengan online,” kata Wamendik usai menggelar
pertemuan dengan perwakilan Uni Eropa dan Australia, di Jakarta, Selasa
(03/06/2014).
Ketika akan menggunakan sistem daring ini, calon
peserta didik baru (CPDB) harus memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)
dan akta kelahiran bagi CPDB jenjang SD. Untuk jenjang SMP, CPDB wajib
memiliki daftar nilai ujian sekolah (US) tahun 2013/2014, sedangkan
untuk jenjang SMP dan SMA/SMK, CPDB harus memiliki daftar nilai ujian
nasional (UN) 2013/2014.
Untuk menggunakan aplikasi daring ini, dinas
kabupaten/kota dapat mengajukan permohonan fasilitasi PPDB Daring
2014/2014 kepada Pustekkom Kemdikbud melalui surat elektronik ke pustekkom@kemdikbud.go.id.
Dinas pendidikan juga harus menyiapkan sumber daya komputasi (komputer
dan server), jaringan internet, administrator web, teknisi jaringan, dan
anggaran operasional untuk kustomisasi sistem seleksi, narasumber
sosialisasi, narasumber pelatihan dan uji coba serta pelaksanaan.
Sistem PPDB daring ini telah digunakan oleh 14
dinas pendidikan kabupaten/kota di tahun pelajaran 2013/2014 lalu.
Sistem ini terbukti mampu memenuhi harapan masyarakat tentang
implementasi sebuah sistem penerimaan peserta didik (siswa) baru yang
objektif, transparan, akuntabel, cepat, dan akurat. Sedangkan untuk
tahun pelajaran 2014/2015, seperti tercatat di laman
ppdb.kemdikbud.go.id, hingga saat ini sebanyak 22 kabupaten/kota telah
terdaftar dan teridentifikasi sebagai pengguna. Diharapkan, jumlah
kabupaten/kota tersebut terus bertambah hingga masa PPDB dimulai. (Aline Rogeleonick)Pengadaan Buku Semester II, Proses Pemilihan Penyedia Dimulai Agustus 2014
Diposkan oleh
Unknown
0
komentar
Jakarta, Kemdikbud ---
Pengadaan buku Kurikulum 2013 semester dua berbeda dengan semester
pertama. Jika di skenario pengadaan di semester pertama dinas pendidikan
berperan sebagai pengawas, maka di semester dua dana pengadaan buku ini
ada di dinas pendidikan. Percetakan buku untuk semester dua dijadwalkan
November mendatang. Untuk itu, dua bulan sebelumnya (Agustus), proses
pemilihan penyedia akan dilakukan.
Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa
Pemerintah (LKPP), Agus Rahardjo menyetujui untuk membantu proses
pengadaan penyedia buku untuk semester dua mendatang. Disampaikan oleh
Ketua Kelompok Kerja Katalog Buku Kurikulum 2013, Direktorat Sanggah
LKPP, Yulianto, dengan adanya mekanisme pembayaran melalui APBD, proses
pengadaan akan lebih baik, karena akan diperoleh kepastian mulai dari
pemesanan hingga pembayaran ke penyedia.
“Apabila anggaran ada di dinas pendidikan,
mekanisme pembayaran seperti layaknya di APBD melalui DPPKAD. Ini
menjadi lebih pasti, dan dari sisi penyedia juga ada kepastian
membayar,” kata Yulianto saat menyapaikan paparan para rapat koordinasi
pengadaan buku teks kurikulum 2013, di Jakarta, Senin (02/06/2014).
Yulianto mengatakan, mulai minggu ke dua Juni LKPP
mulai menyiapkan penyusunan paket, termasuk didalamnya Harga Per Satuan
(HPS). LKPP juga akan membuatkan jadwal lelang pengadaan buku kurikulum
2013 semester dua. Pada proses lelang, kata Yulianto, yang akan
ditayangkan harga persatuan. “Kalau di katalog harga persatuan buku, dan
volume buku tidak mengikat, sehingga dapat dikalikan dengan yang
dipesan,” jelasnya.
Ia menambahkan, kelompok kerja catalog buku
Kurikulum 2013 memerlukan informasi kebutuhan, alamat distribusi untuk
diinformasikan ke penyedia, sehingga penyedia bisa menghitung berapa
kira-kira penawaran yang diberikan. “Pada prinsipnya pemilihan penyedia
harus efisien dan efektif, mendapatkan buku sesuai dengan spek yang
ditentukan, tepat waktu, dan harga yang sehemat mungkin,” pungkas
Yulianto. (Seno Hartono)
Sumber : http://kemdikbud.go.id
Unduh Draf laporan BOS Sekolah
Diposkan oleh
Unknown
0
komentar
Laporan perencanaan yang dikirim oleh sekolah dapat anda setujui
maupun ditolak, sebelum menentukan persetujuan atau penolakan terhadap
laporan ini anda diharuskan untuk mengecek laporan tersebut baik
langsung mengecek laporan tersebut maupun dengan cara mengunduh laporan
tersebut.
Sumber : http://bantuan.siap-online.com
Read more
- Setelah login di siap-online.com silakan akses menu sekolah > administrasi beta
- Setelah anda masuk ke Dasbor Administrasi Dinas, silakan klik pada menu Program Kegiatan > Dana BOS
- Pada halaman BOS silakan akses menu Persetujuan Laporan (draft status kiriman laporan)
- Pilih tahun dan Triwulan yang dikehendaki,Secara otomatis seluruh daftar laporan sekolah yang diajukan ke dinas akan ditampilkan di kolom bawah
- Pilih laporan yang ingin diperiksa > klik tombol panah di kanan laporan tersebut > pilih opsi lihat laporan > silakan pilih aksi yang dikehendaki (lihat laporan/unduh laporan)
Sumber : http://bantuan.siap-online.com
Daftar Bantuan Pengguna BOS (Bantuan Operasional Sekolah)
Diposkan oleh
Unknown
0
komentar
Daftar Bantuan Pengguna BOS (Bantuan Operasional Sekolah)
Daftar Persetujuan Laporan BOS
Menu persetujuan laporan BOS dapat anda akses di Administrasi Dinas, menu ini bertujuan untuk memantau seluruh laporan perencanaan BOS yang dikirim oleh sekolah ke dinas. Berikut langkah-langkah bagi admin dinas untuk dapat mengakses menu persetujuan Laporan BOS :
SUMBER : http://bantuan.siap-online.com
Read more
Menu persetujuan laporan BOS dapat anda akses di Administrasi Dinas, menu ini bertujuan untuk memantau seluruh laporan perencanaan BOS yang dikirim oleh sekolah ke dinas. Berikut langkah-langkah bagi admin dinas untuk dapat mengakses menu persetujuan Laporan BOS :
- Setelah login di siap-online.com silakan akses menu sekolah > administrasi beta
- Setelah anda masuk ke Dasbor Administrasi Dinas, silakan klik pada menu Program Kegiatan > Dana BOS
- Pada halaman BOS silakan akses menu Persetujuan Laporan (draft status kiriman laporan)
- Pilih tahun dan Triwulan yang dikehendaki,Secara otomatis seluruh daftar laporan sekolah yang diajukan ke dinas akan ditampilkan di kolom bawah
SUMBER : http://bantuan.siap-online.com
FITUR FOTO PTK DAN UNGGAH FOTO PTK
Diposkan oleh
Unknown
0
komentar
A. Lihat Foto Profil di Direktori PTK
Untuk menampilkan daftar nama PTK disertai Foto diri masing-masing sebagai thumbnailnya, silakan login sebagai Admin / Operator Institusi (Sekolah, Dinas, LPMP hingga Pusat). Pada menu Pendidik & Tenaga Kependidikan >> Direktori PTK pilih Daftar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Read more
Untuk menampilkan daftar nama PTK disertai Foto diri masing-masing sebagai thumbnailnya, silakan login sebagai Admin / Operator Institusi (Sekolah, Dinas, LPMP hingga Pusat). Pada menu Pendidik & Tenaga Kependidikan >> Direktori PTK pilih Daftar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
B. Unggah Foto Profil Mandiri oleh PTK
Sedangkan untuk Unggah Foto PTK , silakan ikuti panduan upload foto PTK berikut. Dimana untuk upload foto PTK harus dilakukan mandiri oleh PTK bersangkutan.
- Langkah pertama, login sebagai akun PTK. Pada halaman Dashboard layanan, pilih layanan PADAMU PTK.
- Pada halaman Beranda, pilih Biodata atau Lihat / Edit Biodata Anda.
- Pada halaman Biodata & Identitas Anda, klik tombol Ubah Pasfoto seperti gambar dibawah ini.
- Unggah foto Anda, File yang dapat diunggah adalah file JPG, PNG, dan GIF dengan ukuran maksimum yang diijinkan 250 X 400 pixel. Klik Pilih File untuk memilih foto yang Anda kehendaki, klik tombol Unggah untuk menyimpan foto.
Subscribe to:
Posts (Atom)
Labels
Bahasa Indonesia
(2)
BOS
(6)
BSM
(1)
DAPODIK 2013
(15)
Info CPNS
(7)
Info Umum
(41)
Kurikulum 2013
(26)
matematika
(14)
NISN
(5)
Padamu Negeri
(18)
Penilaian Kinerja Guru
(2)
PPDB
(3)
sertifikasi
(3)