Monday, May 19, 2014

Juara OSN SMP Akan Dikirim ke Kompetisi Internasional

Mon, 05/19/2014 - 10:22
Padang, Kemdikbud --- Para juara Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan mewakili Indonesia dalam sejumlah kompetisi sains tingkat internasional. Setidaknya tahun ini sudah ada dua olimpiade sains skala dunia yang telah terjadwal, yaitu International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) di Korea Selatan pada Juli 2014 dan International Junior Science Olympiad (IJSO) di Argentina pada Desember 2014.
“OSN mencari bibit-bibit yang akan kita siapkan untuk mewakili Indonesia di olimpiade internasional,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Dasar, Hamid Muhammad, saat menyampaikan sambutan pada pembukaan OSN jenjang SMP di Universitas Putra Indonesia Convention Center, Padang, Sumatera Barat, Jumat, (16/05/2014).
Setelah penyelenggaraan OSN usai, tambah Hamid, para juara akan kembali mengikuti seleksi dan pemusatan latihan (training center). Di pemusatan latihan itu para peserta dibimbing secara intensif oleh pembimbing berpengalaman.
Selain mencari bibit yang akan mewakili Indonesia di tingkat internasional, OSN juga bertujuan mencari puncak-puncak prestasi siswa. Kendati mutu pendidikan Indonesia selalu dinilai lebih rendah dari negara lain dalam sejumlah survei, ungkapnya, namun siswa-siswi hebat berprestasi harus tetap difasilitasi. Ajang OSN inilah forum efektif yang mampu memfasilitasi mereka.
Tujuan lain pelaksanaan OSN, menurut Hamid, adalah tempat berkompetisi dan berkolaborasi. Dua maksud tersebut mengedepankan sikap sportivitas dalam berkompetisi dan rasa persaudaraan dalam membangun jejaring pertemanan.
“Siapa tahu setelah dewasa kalian akan bertemu di tingkat perguruan tinggi atau lembaga negara. Itu sudah bisa dimulai sekarang,” ujarnya.
Sementara Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, menyampaikan harapannya agar OSN terus digelar. Sistem seleksi yang berjenjang dari tingkat sekolah hingga provinsi, lanjutnya, memotivasi sekolah dan dinas pendidikan seluruh Indonesia untuk meningkatkan prestasi tertinggi.
OSN SMP 2014 berlangsung di Padang, pada 15-21 Mei 2014. Pembukaan OSN berjalan dengan meriah. Acara diisi dengan nyanyian dan tarian. Hadir dalam acara Wali Kota Padang, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Kepala Sekolah, guru pendamping, dan siswa peserta OSN. (Billy Antoro)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
  • STANDAR PROSES UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH

    PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 41 TAHUN 2007 TENTANG STANDAR PROSES UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH Badan Standar Nasional Pendidikan Tahun 2007

  • ALPEKA BOS

    ALPEKA BOS (Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan BOS Tingkat Sekolah)

  • JUKNIS PENDATAAN DAPODIKDAS 2013

    Tujuan pendataan tingkat sekolah adalah untuk memperoleh data secara langsung yang cepat, akurat,valid, lengkap, dapat dipertanggungjawabkan dan termutakhir.

  • Gelar Gr bagi Guru wajib Tahun depan

    Gelar Gr diperoleh melalui module Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang dijalankan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

  • lapor Tunjangan DIKDAS

    cara login di lembar info PTK Masukan NUPTK sebagai UserID Masukan tanggal lahir sebagai password dengan format penulisan YYYYMMDD

  • Dapodik Jadi Acuan untuk Sejumlah Program Kemdikbud

    Tahun ini Data Pokok Pendidikan (Dapodik) menjadi acuan bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dalam penyaluran dana untuk berbagai kebijakan, mulai dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS), rehab sekolah, Bantuan Siswa Miskin (BSM), dan tunjangan profesi guru.