Wednesday, May 21, 2014

Belajar Kreatif Matematika – Bermain Bilangan Bulat

Latar Belakang

Menurut beberapa sumber yang saya baca, pembelajaran kreatif setidaknya memuat 3 elemen: guru yang kreatif, tidak tergantung dengan ruang fisik kelas, dan media yang dipakai unik dan tetap berguna.
Berikut ini adalah salah satu usaha untuk menerapkan pembelajaran kreatif untuk pelajaran matematika. Catatan ini saya buat saat saya mengajar kelas rangkap untuk rombongan belajar kelas IV, V, dan VI di SDN Tarak, Distrik Karas, Kab. Fakfak, Papua Barat.
Bermain Bilangan Bulat di Halaman Sekolah
Bermain Bilangan Bulat di Halaman Sekolah

Standar Kompetensi

Pembelajaran ini bisa diintegrasikan sebagai tahapan untuk mencapai standar kompetensi
Kelas IV: Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat
Kelas V: Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
Kelas VI: Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah

Langkah Pelaksanaan

Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Guru Mengajak anak untuk keluar kelas. Bebaskan pikiran anak, guru membuat pelajaran matematika menjadi menyenangkan.
  2. Guru membuat rambu-rambu sesuai aturan garis bilangan di mana 0 menjadi titik tengahnya.
    Sebelah kanan 0 (nol) adalah positif, sebelah kiri 0 (nol) adalah negatif.
    Yang perlu diingat, guru membuat garis bilangan menggunakan media yang murah seperti: tali rafia, akar pohon, atau bahkan garis yang kita buat di atas tanah.
  3. Tandai deretan bilangan sampai dengan angka tertentu baik untuk bilangan bulat positif maupun negatifnya.
    Sekali lagi, sebaiknya guru  menggunakan media yang murah dan mudah didapat: kertas bekas, bungkus snack, atau kita tulis di atas tanah menggunakan kayu.
  4. Tanamkan kepada anak-anak untuk mematuhi rambu-rambu (ke kanan positif, ke kiri negatif).

Bermainlah!

Contoh soal
7 + (-4)
  • Berdirilah di angka 0 sebagai titik mulai.
  • 7 adalah bilangan positif. Sesuai rambu-rambu, jika positif akan melangkah ke kanan 7 kali. Setelah melangkah, kita akan berdiri di atas angka 7.
  • Dari angka 7, kita lanjutkan perintah soal.
  • (-4) adalah bilangan negatif. Sesuai rambu-ramu, jika negatif akan melangkah ke kiri 4 kali. Maka kita akan berdiri di atas angka 3.
Jadi, 7 + (-4) = 3
Berikut video sederhana tentang kegiatan menarik ini.
http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=2QIAAJSNiHk
Selamat belajar, bermain, dan berpetualang!
www.ariflukman.com
Revisions: (Show)

Sumber : http://belajar.indonesiamengajar.org
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
  • STANDAR PROSES UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH

    PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 41 TAHUN 2007 TENTANG STANDAR PROSES UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH Badan Standar Nasional Pendidikan Tahun 2007

  • ALPEKA BOS

    ALPEKA BOS (Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan BOS Tingkat Sekolah)

  • JUKNIS PENDATAAN DAPODIKDAS 2013

    Tujuan pendataan tingkat sekolah adalah untuk memperoleh data secara langsung yang cepat, akurat,valid, lengkap, dapat dipertanggungjawabkan dan termutakhir.

  • Gelar Gr bagi Guru wajib Tahun depan

    Gelar Gr diperoleh melalui module Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang dijalankan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

  • lapor Tunjangan DIKDAS

    cara login di lembar info PTK Masukan NUPTK sebagai UserID Masukan tanggal lahir sebagai password dengan format penulisan YYYYMMDD

  • Dapodik Jadi Acuan untuk Sejumlah Program Kemdikbud

    Tahun ini Data Pokok Pendidikan (Dapodik) menjadi acuan bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dalam penyaluran dana untuk berbagai kebijakan, mulai dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS), rehab sekolah, Bantuan Siswa Miskin (BSM), dan tunjangan profesi guru.